Sebelum melakukan investasi, Anda jelas membutuhkan ilmu serta strategi supaya investasi yang Anda jalankan berjalan mulus. Hal ini berlaku juga bagi investasi properti. Investasi properti di Indonesia masih memiliki kesempatan yang layak dipertimbangkan, sebagai investasi jangka panjang. Apakah Anda tertarik untuk memulai investasi properti di Indonesia? Bagi siapapun yang tertarik, selanjutnya adalah informasi penting mengenai peluang investasi properti di Indonesia.

Prediksi Investasi Properti 2019

Investasi properti pada 2019 diprediksi akan naik sekitar 10 persen berdasarkan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO). Seiring dengan kondisi makro ekonomi dunia yang tidak stabil, prediksi tersebut muncul. Seperti yang dirilis Kompas.com, bahwa perang dunia antara Amerika Serikat dan Cina juga mempengaruhi investasi properti di Indonesia pada tahun 2019. Walaupun begitu, imbas dari perang dagang tersebut tidak terlalu signifikan. Harus diingatkan bahwa properti menjadi kebutuhan bagi masyarakat berbagai kalangan di mana saja. Apalagi sekarang, bagi generasi milenial yang dianggap sebagai generasi potensial dalam berinvestasi properti. Hal ini tentu saja merupakan peluang besar di tahun mendatang.

Segmen Milenial Sebagai Peluang Pertumbuhan Investasi Properti

Segmen milenial adalah orang-orang yang baru mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan. Orang-orang ini diprediksikan akan menjadi segmen utama pasar properti pada tahun 2019.Hal ini bisa dilihat dari survei yang dilakukan oleh Rumah 123 seperti dilansir dari Katadata.com. Tercatat sebanyak 60,23 persen responden berusia 20-28 tahun berniat membeli rumah untuk diinvestasikan. Sedangkan pada rentang usia 29-35 tahun atau 75,2 persen responden membeli rumah untuk investasi properti. Generasi milenial juga lebih tertarik untuk berinvestasi apartemen daripada rumah. Bisa dipandang dari angka-angka tersebut bahwa potensi ini memberikan peluang bagi pemerintah atau para investor untuk menawarkan produk terbaik mereka kepada generasi milenial tersebut.

Cara Memaksimalkan Peluang Investasi Properti

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba investasi properti di Indonesia, ini adalah beberapa cara untuk memaksimalkan hasil.

1. Pahami Pasar Lokal Yang Menjadi Keinginan Anda

Setiap pangsa pasar investasi properti tentu saja mempunyai karakteristik, regulasi, fasilitas pendukung, dan infrastruktur yang berbeda-beda di tiap daerah. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan agen properti terlebih dahulu. Hal ini membantu Anda mengetahui informasi terkait pangsa pasar terkait investasi properti. Agen ini akan memberitahukan Anda jenis properti yang tepat untuk pilihan Anda. Misalnya saja, apartemen bisa Anda pilih jika tujuan Anda untuk disewakan. Rata-rata lokasi apartemen ada di daerah strategis di sekitar pusat bisnis atau pusat pendidikan,

2. Memulai Investasi Properti Dari Rumah Sendiri

Rumah Anda juga bisa menjadi investasi properti yang memberikan keuntungan. Terutama jika Anda tidak memiliki keluarga tidak banyak dan memiliki rumah dengan ukuran yang cukup besar. Anda bisa menyewakan rumah tersebut kepada orang lain atau menjadikannya sebagai tempat kos. Sementara Anda sendiri bisa menyewa rumah yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah. Dengan begitu, rumah tersebut akan menjadi sumber passive income.

3. Lakukan Dengan Hati-hati

Ada baiknya Anda tidak terburu-buru dalam berinvestasi properti. Jika Anda ingin memperoleh keuntungan dari investasi properti dengan maksimal, sebaiknya pertimbangkan untuk tidak menjualnya kecuali jika benar-benar terpaksa. Apalagi jika investasi properti yang Anda lakukan adalah untuk investasi jangka panjang. Oleh karena itu sebaiknya berkomunikasilah dengan agen properti terlebih dulu untuk melihat rencana investasi properti di lingkungan yang Anda inginkan. Bila harus menjualnya, pastikan Anda mendapatkan harga tertinggi atau yang pantas.

4. Memberikan Nilai Tambahan Pada Properti

Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan nilai tambah dari properti yang Anda punya. Cara ini bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara untuk memperoleh keuntungan. Sekali pun properti yang Anda miliki berada di tempat yang kurang strategis, tetapi bisa memberikan keuntungan jika diberi nilai tambah. Misalnya saja Anda dapat menyediakan fasilitas-fasilitas perabotan rumah tangga yang dibutuhkan oleh penghuni properti Anda.

Dengan mempertimbangkan informasi mengenai peluang tersebut, diharapkan Anda bisa mengambil keputusan terbaik terkait investasi properti. Jangan lupa pula untuk melakukan riset agar investasi properti dapat memberikan keuntungan maksimal.