Bagi Anda yang berminat untuk menghasilkan untung besar dari investasi properti, ada bermacam produk properti yang akan memberikan Anda keuntungan besar.

Berikut adalah lima macam investasi properti tersebut.

1. Kos-kosan

Investasi properti pertama yang sangat menguntungkan adalah dengan membuka kos-kosan. Pada dasarnya, Anda akan menerima pendapatan pasif tiap bulan sekitar 5-7 persen tiap tahunnya.

Untuk usaha ini, Anda perlu mencari lokasi yang strategis dan cocok dengan kebutuhan penyewa. Misalnya membuka kos-kosan yang dekat dengan kantor atau kampus.

Anda juga harus memikirkan kebutuhan calon penyewa, seperti menentukan harga, lokasi dan fasilitas yang bisa diberikan. Selain itu, Anda bisa mengembangkan usaha Anda dengan membuka laundry, catering atau kantin rumah makan kecil di kos-kosan tersebut.

2. Tanah

Investasi berupa tanah kosong bisa menjadi target yang tepat. Semua ini dikarenakan karena diketahui bahwa harga tanah akan naik setiap tahun.

Investasi ini juga membawa bermacam-macam keuntungan seperti rendahnya biaya perawatan dan Anda akan menerima untung semaksimal mungkin jika menjualnya dalam jangka panjang. Memilih lokasi yang strategis sangat penting, jika Anda ingin harga tanah Anda cepat naik.

Jikalau tidak ada kegiatan apa-apa, tanah itu juga bisa dimanfaatkan dengan cara-cara seperti menyewakan untuk lahan parkir.

Pada waktu pembelian tanah, Anda harus berhati-hati dalam memfokus dalam beberapa hal, contohnya memastikan bahwa nama pemilik tanah harus sesuai dengan yang di sertifikat dan ukuran tanahnya harus sama dengan yang ada di sertifikat.

3. Apartemen

Kini, Apartemen sedang menjamur di mana-mana. Hal ini disebabkan oleh karena minat masyarakat untuk tinggal di apartemen terus meningkat, terutama kaum muda atau milenial.

Sekarang saja, sudah banyak tersedia penyewaaan apartemen dengan dana murah. Jangan kaget lagi, ada yang harga sewanya hampir sama dengan kos-kosan. Hal inilah yang membuat lebih banyak orang cenderung untuk tinggal di apartemen.

Dalam investasi properti satu ini, Anda mempunyai potensial untuk menerima keuntungan sebesar 7-12 persen per tahun.

Walaupun begitu, buat Anda yang ingin berinvestasi di apartemen, Anda harus sangat teliti dan membutuhkan modal besar pada awalnya. Salah satu modal besar di antaranya adalah membeli furniture. Selain itu, lokasi juga ikut menentukan keuntungan yang Anda terima.

4. Kontrakan

Selain indekos atau kos-kosan, kontrakan juga merupakan keberuntungan investasi properti. Harus diingangat bahwa rumah adalah kebutuhan pokok, Anda tidak usah khawatir akan kesepian peminat.

Ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan untuk mendapat penghasilan yang maksimal. Salah satu contohnya adalah dalam lokasi yang strategis seperti dekat dengan perkantoran, akses jalan tol, keramaian, dsb.

Tidak jauh dari bisnis kos-kosan, Anda akan menerima keuntungan sebesar 4-6 persen tiap tahun untuk bisnis kontrakan.

Anda juga perlu menyiapkan dana untuk hal-hal tak disangka. Contohnya aja, seperti penyewa kurang bertanggung jawab. Sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih calon penyewa, agar tidak rugi pada akhirnya, seperti banyak barang yang rusak.

5. Ruko, kios atau toko

Contoh lain investasi properti yang akan memberikan keutungan besar adalah investasi di bidang ruko, kios atau toko. Orang bakal rebutan, apalagi jika lokasi di tempat strtegis yang bisa membawa keuntungan besar bagi yang mau membuka usaha.

Jika sebaliknya, Anda salah memilih lokasi, maka akan terancam sulit untuk mendapatkan penyewa. Artinya, pemilihan lokasi merupakan salah satu langkah penting dalam usaha ini. Jika semuanya lancar, Anda bisa mendapatkan keuntungan sekitar 6-9 persen per tahunnya

Lima jenis investasi properti ini memberikan janji besar yang akan menjamin masa depanmu. Jadi pada saat banyak rejeki, tidak ada salahnya menumpukkan rejeki tersebut dan membeli beberapa properti lagi agar bisnis investasi properti Anda memberikan keuntungan yang berlipat ganda.